Pendaftaran Lomba Mobile m-Edukasi 2016 sudah Dibuka - iyonesia

Breaking

About

Judul Blog

Thursday, April 14, 2016

Pendaftaran Lomba Mobile m-Edukasi 2016 sudah Dibuka

Balai  Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan Kementrian Dikbud kembali menggelar lomba mobile edukasi. Bagi para sobat yang punya aplikasi mobile edukasi segera aja daftarin karyanya...  Pendaftaran mulai bulan 1 April- 1 Agustus 2016.
Lomba dibagi untuk tiga kategori
1. Kategori Pelajar (SMP/SMA/SMK)
2. Kategori Guru
3. Kategori Umum 
Masing-masing kategori akan dipilih 15 terbaik. 

SELEKSI NOMINASI



Waktu dan Tempat
Seleksi nominasi akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2016 secara karantina di Hotel Jawa Tengah selama 5 hari. Pelaksanaan karantina ini diharapkan menjadi lebih independen dan rahasia.
Rincian Kegiatan
Seleksi nominasi merupakan tahap seleksi untuk menentukan karya terbaik dengan cara melihat dan mencoba secara langsung karya yang dinilai melalui device mobile.
Seleksi nominasi ini akan dipilih 45 peserta terbaik dengan pembagian perkategori :
  • 15 peserta ketegori Pelajar
  • 15 peserta kategori Guru
  • 15 peserta kategori Umum
Semua peserta yang karyanya terpilih akan di hubungi panitia untuk menanyakan kesediaannya mengikuti proses selanjutnya dalam waktu yang telah ditentukan. Jika peserta tidak bersedia atau tidak bisa dihubungi (misalnya no telpon atau email tidak direspon) maka peserta tersebut diangap mengundurkan diri dan akan di ganti dengan peserta di rangking berikutnya.
Peserta terpilih dan bersedia, berhak masuk ke babak selanjutnya yaitu grand final atau penjurian.
Pelaksanaan Seleksi
  1. Penyeleksi dibagi menjadi 3 kategori, untuk setiap kategori dibagi menjadi beberapa tim tergantung jumlah karya yang masuk. Setiap tim terdiri atas beberapa orang yang memiliki keahlian berbeda
  2. Penyeleksi dibagi menjadi 3 aspek yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Materi dan Desain Pendidikan (MDP) dan Desain Komunikasi Visual (DKV).
  3. Proses seleksi dilakukan dalam 2 tahap, yaitu
    1. Tahap 1 (Pra Seleksi)
      Dalam tahap ini, setiap tim seleksi memeriksa kelengkapan dan menelaah dokumen yang dikirimkan antara lain :
      1. Video preview
        Petugas melihat kemenarikan aplikasi melalui video yang dikirim peserta. Bila video tidak menarik penyeleksi dapat menghentikan penilaian dan dilanjut ke karya yang lain.
      2. Aplikasi
        Penyeleksi menginstal, mencoba, dan menilai karya peserta langsung mengunakan tablet/ handphone, tidak mengunakan emulator.
    2. Tahap 2 (Final Seleksi)
      1. Dalam tahap ini (Final Tes), akan dilakukan sidang pleno tim seleksi setiap kategori untuk mensinkronkan standart penilaian karya.
      2. Sidang pleno tim seleksi setiap kategori akan memilih 15 karya lomba yang terbaik dan mengurutkan peringkatnya dari yang terbaik.
      3. Untuk peringkat 1 sampai peringkat 15 akan masuk Grand Final Lomba.
  4. Seluruh tim seleksi menandatangani berita cara keputusan sidang pleno untuk menentukan karya yang masuk 15 besar per kategori.
Aspek penilaian
  1. Tanpa kesalahan program / bebas bug
  2. Kemudahan pengoperasian.
  3. Kompleksitas fungsi dan fitur.
  4. Keunikan dan keselarasan penyajian materi.
  5. Kelengkapan komponen menu.
  6. Keunikan penyajian dan kelancaran tampilan Media.
  7. Keselarasan icon dengan fungsi.
  8. Kemenarikan tampilan secara menyeluruh.


BABAK FINAL


Waktu dan Tempat
Dilaksanakan pada September 2016 di Kota Semarang
Rincian Kegiatan
Penjurian/grand final adalah tahapan utama dari lomba ini. Di kegiatan ini 45 nominator/program yang terseleksi (15 karya kategori Guru, 15 karya kategori umum dan 15 karya kategori pelajar) akan diundang untuk mempresentasikan di hadapan dewan juri. Juri adalah orang profesional dari berbagai aspek. Dewan juri melakukan penilaian sesuai dengan aspek-aspek yang dikuasainya. Hasil akhir penilaian ini adalah mendapatkan juara 1, 2 dan 3 untuk masing masing kategori.
Dalam acara ini peserta mempresentasikan dengan mendemokan karya langsung mengunakan device mobile di hadapan para Juri. Jadi juara lomba ini tidak hanya dinilai dari karya saja tetapi juga di nilai kemampuan peserta dalam mengembangkan serta unsur-unsur lain yang terkait dengan pembuatan aplikasi mobile learning.
Langkah Penjurian
  1. Peserta di undi untuk menentukan nomer tampil.
  2. Peserta mempresentasikan karyanya langsung di device mobile peserta yang terhubung langsung ke proyektor (tidak mengunakan komputer)
  3. Peserta menjawab pertanyaan yang diajukan juri.
  4. Juara diumumkan pada acara penutupan Grandfinal Lomba.
Aspek penilaian
  1. Aspek orisinalitas
  2. Aspek materi dan desain pembelajaran
  3. Aspek media komunikasi visual
  4. Aspek rekayasa perangkat lunak
Hasil penilaian masing masing kategori
  • Juara 1
  • Juara 2
  • Juara 3
Dewan Juri
  • Pakar/praktisi bidang pendidikan dan TIK bertaraf nasional di luar BPMPK

Yang sudah punya segera aja daftar, yang belum bikin ya bikin aja dulu. Mumpung masih ada waktu sampe agustus... Ayo tunggu apalagi...
info lengkap dapat dilihat di

sumber : http://m-edukasi.kemdikbud.go.id

No comments:

Post a Comment