Paradigma berpikir dan prinsip coaching dapat sangat bermanfaat dalam membantu calon guru penggerak dalam pengembangan kemampuan mereka sebagai guru yang efektif. Paradigma berpikir coaching adalah tentang membantu individu untuk mengembangkan potensi mereka dengan menggunakan pendekatan yang berfokus pada solusi dan bertujuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Prinsip coaching adalah tentang membantu individu untuk menemukan solusi dari dalam diri mereka sendiri, daripada memberikan jawaban langsung.
Dalam pendidikan calon guru penggerak, pendekatan coaching dapat membantu mereka untuk lebih memahami siswa mereka, serta untuk meningkatkan keterampilan mengajar mereka. Beberapa prinsip coaching yang dapat diterapkan dalam pendidikan guru penggerak antara lain:
1. Mendengarkan dengan penuh perhatian: Salah satu prinsip coaching yang penting adalah mendengarkan dengan penuh perhatian. Calon guru penggerak dapat belajar untuk mendengarkan dengan cermat dan tanpa prasangka terhadap siswa mereka, sehingga mereka dapat memahami kebutuhan dan keinginan siswa dengan lebih baik.
2. Bertanya yang tepat: Calon guru penggerak dapat belajar untuk bertanya dengan tepat dan menggali lebih dalam masalah yang dihadapi oleh siswa mereka. Hal ini dapat membantu calon guru penggerak untuk memahami apa yang dibutuhkan oleh siswa untuk mencapai tujuan mereka.
3. Memberikan umpan balik yang efektif: Coaching juga melibatkan memberikan umpan balik yang efektif. Calon guru penggerak dapat belajar untuk memberikan umpan balik secara positif dan konstruktif, sehingga siswa merasa didukung dan terdorong untuk mencapai tujuan mereka.
4. Membangun kepercayaan diri: Coaching juga dapat membantu calon guru penggerak untuk membangun kepercayaan diri mereka dalam mengajar dan bekerja dengan siswa. Dengan membangun kepercayaan diri, calon guru penggerak dapat merasa lebih percaya diri dalam memimpin siswa dan mencapai tujuan mereka.
5. Mendorong tanggung jawab: Coaching juga melibatkan mendorong individu untuk bertanggung jawab atas keberhasilan mereka sendiri. Dalam pendidikan calon guru penggerak, prinsip coaching ini dapat diterapkan dengan mendorong siswa untuk bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri, sementara calon guru penggerak bertanggung jawab untuk memberikan dukungan yang diperlukan untuk membantu mereka mencapai tujuan mereka.
Dalam keseluruhan, paradigma berpikir coaching dan prinsip coaching dapat sangat bermanfaat dalam membantu calon guru penggerak untuk mengembangkan keterampilan mereka sebagai guru yang efektif. Dengan memahami siswa mereka dengan lebih baik dan belajar untuk mendukung mereka dengan cara yang efektif, calon guru penggerak dapat membantu siswa untuk mencapai potensi penuh mereka dalam pembelajaran dan perkembangan pribadi.
No comments:
Post a Comment